kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Selasa, 02 Desember 2014

Mentok Rimba

Mentok Rimba
 (Cairina scutulata)
 


CIRI MORFOLOGI

Tubuh mentok rimba berwarna hitam dan putih. Kepala dan lehernya keputih-putihan. Pola warna bulu pada individu dewasa dan remaja hampir mirip, hanya bulu kepala dan leher pada remaja mempunyai banyak bintik hitam. Penutup sayap kecil putih, penutup sayap tengah, dan spekulum abu-abu biru. Punggung hitam berbaur hijau mengilap, bagian bawah coklat gelap. Pada bagian dada dan punggung individu remaja berwarna kecoklatan berbeda dengan individu dewasa yang lebih keputihan. Sewaktu terbang, dari bawah terlihat sangat kontras antara garis sayap yang putih dan bulu terbang yang hitam.




PERILAKU

Burung ini termasuk hewan crepuscular, yaitu cenderung lebih aktif saat fajar dan senja. Mentok Rimba terutama menghuni hutan-hutan rawa dengan kolam-kolam yang dangkal. Mentok rimba kerap mencari makan di perairan dangkal atau rawa-rawa. Mentok Rimba adalah omnivora, memangsa aneka macam termasuk tumbuhan air seperti hydrilla, siput, ikan-ikan kecil, cacing, serangga dan laba-laba air. Makanan kegemarannya termasuk biji-bijian, tumbuhan air, ikan, dan hewan air yang berukuran kecil. Saat awal musim penghujan biasa memasuki musim kawin dan pada pertengahan musim itu adalah masa bertelur bagi induk betina. Sehingga pada bulan sekitar Maret sampai April, telur bebek hutan bisa menetas.




KLASIFIKASI


Kerajaan     : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas           : Aves
Bangsa        : Anseriformes
Suku           : Anatidae
Marga         : Cairina
Jenis           : Cairina scutulata 




KOLEKTOR

Indria Nabilla Rahmayanti – 1317021040



LOKASI
Taman Margasatwa Ragunan

WAKTU
20 November 2014, Pukul 15.00 WIB

JENIS KAMERA
Canon IXUS 132

SUMBER
http://alamendah.org/2009/12/16/mentok-rimba-bebek-terlangka-di-dunia/

 

1 komentar:

  1. The Best videos on YouTube - YouTube - Videoodl.cc
    Find the best videos on YouTube that offer great videos and bonus youtube downloader deals on your favorite movies and television shows. youtube.com.

    BalasHapus